Ingin Reuni saat Mudik? Atur Pinjaman Online-nya dengan 4 Cara Ini

Admin LHB Lifestyle

Reuni menjadi salah satu agenda rutin yang kerap dilakukan pada Bulan Ramadhan maupun Lebaran. Pada Bulan Ramadhan, biasanya dipilih waktu berbuka. Sedangkan untuk Lebaran, waktunya lebih fleksibel. Sama fleksibelnya dengan dan pinjaman online yang bisa digunakan juga untuk reuni. Nah, untuk pengaturan dananya, seabaiknya terapkan 4 cara ini.

1. Hadiari 1-2 Reuni Saja

Cara pertama dalam mengatur dana pinjaman untuk reuni adalah dengan menghadiri 1-2 acara reuni saja. Karena bagaimanapun, dana pinjaman adalah utang yang harus Anda bayar dan bukan hadiah undian yang diperoleh secara cuma-cuma. Anda harus membayarnya sesuai dengan tenor dan besar cicilan yang sudah dipilih.

Oleh karena itu, jangan paksakan untuk menghadiri semua undangan reuni. Sebaiknya priorotaskan reuni dengan teman-teman yang jarang Anda temui, misalnya teman SD. Tapi, bagaimana jika teman SMP, SMA, dan organisasi pemuda seperti Karang Taruna pun jarang Anda temui? Pilih yang lokasinya terdekat dari rumah tempat Anda menginap selama mudik.

2. Pilih Rumah Makan Biasa

Cara kedua agar dana pinjaman bisa diatur dan tepat sasaran adalah dengan memilih rumah makan biasa. Hal ini dikarenakan harga rumah makan biasa cenderung lebih terjangkau dari harga makanan dan minuman di kafe atau restoran.

Dengan memilih rumah makan biasa, maka dana pinjaman online tersebut tidak habis dan bisa Anda gunakan untuk berbagai macam keperluan lainnya. Tapi, jika memang sedang ada promo, Anda bisa mempertimbangkan kafe atau restoran yang menawarkan harga murah selama masa-masa Lebaran.

3. Estimasikan Biaya yang Dibutuhkan

Cara berikutnya agar dana pinjaman bisa diatur dengan baik untuk reuni adalah dengan membuat estimasi atau perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk reuni. Jika sudah mengetahui perkiraan biayanya, Anda bisa mengatur sisa dana pinjaman untuk kebutuhan mudik lainnya yang sama pentingnya dan perlu diprioritaskan.
Biasanya, jika bayar masing-masing, bujet yang dibutuhkan untuk reuni di tempat berkelas seperti kafe dan restoran berada dalam kisaran Rp1 juta. Tapi, jika Anda ingin mentraktir, sebaiknya pilih tempat makan biasa. Lagipula, emu restoran dan kafe pun sudah sangat mudah dijumapi di tempat makan-tempat makan biasa.

4. Bujet Traktir Tidak Lebih dari 50%

Masih berhubungan dengan traktir-mentraktir, jika Anda ingin mentraktir, usahakan agar bujet yang dikeluarkan tidak lebih dari 50% dari dana pinjaman. Jadi, jika Anda meminjam Rp3 juta, dana traktirannya maksimal Rp1,5 juta. Jumlah ini cukup memadai untuk mentraktir lebih dari 30 orang dengan bujet masing-masingnya Rp50 ribu.

Apa menu yang bisa didapat dari bujet Rp50 ribu? Saat ini, ada menu berbuka dan paket makan Lebaran Rp25 ribu yang mencakup seporsi sedang nasi putih, aneka ayam olahan (goreng/bakar/crispy), lalapan, sambal, dan segelas es teh manis. Bahkan, jika masing-masing orang memilih menu seharga Rp25 ribu, Anda bisa mentraktir 60 orang.

Nah, dengan pengaturan dana pinjaman online yang baik, Anda bisa mengalokasikannya untuk kebutuhan yang benar-benar penting dan sesuai dengan skala prioritas. Dana pinjaman ini pun bukan hanya untuk acara makan-makan saat reuni, tapi juga bisa digunakan untuk rekreasi, memberi THR, serta membeli hadiah untuk keluarga.

You May Also Like..

Tips Tepat Membeli Harga TV Murah yang Perlu Diperhatikan Secara Online

Televisi merupakan alat elektronik yang bisa menjadi media berita, hiburan, informasi, menonton film, drama, dan banyak lainnya. Alat elektronik ini […]

Rekomendasi Aksesoris untuk Hp 4G Terbaik Anda yang Tepat

Kebutuhan akan komunikasi yang mudah memang sudah menjadi hal yang tidak bisa terbantahkan lagi di dunia modern seperti saat ini. […]

Cara Paling Praktis Hitung Estimasi Biaya Jasa Pindahan Rumah

Jasa pindahan rumah yang terpercaya memanglah selalu bisa diandalkan khususnya untuk Anda yang memang tak ingin ribet. Proses pindahan rumah […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *