Justin Trudeau Mendapat Kritik Saat Pakai Baju Tradisional India

Admin LHB Lifestyle

Ketika berkunjung ke negara lain, politisi seringkali tampil ke publik mengenakan pakaian tradisional negara yang sedang mereka kunjungi. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan apresiasi dan penghargaan terhadap budaya tradisional negara tersebut.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau merupakan salah satu pemimpin politik yang melakukan hal ini, dalam kunjungannya selama seminggu ke India. Namun respon publik mayoritas bernada negatif dan mengkritik.

Dilansir dari Travel and Leisure, sang perdana menteri beserta istri dan tiga anaknya mengenakan bermacam-macam pakaian tradisional India tiap hari. Mereka kemudian berfoto dengan pose “namaste.”

Untuk mengakomodasi hal ini, keluarga Trudeau sebelumnya memang telah meminta beberapa desainer papan atas India untuk membuat rangkaian busana yang akan dikenakan pada kunjungan mereka tersebut.

Politisi India Omar Abdullah mengkritik hal ini di laman Twitter-nya. “Kami orang India tidak berbusana seperti ini tiap hari, tuan, bahkan tidak di Bollywood,” tulis Abdullah.

“Sedikit agak berlebihan. Saya mengerti jika harus mengenakan pakaian tradisional India di hari pertama, tapi di titik ini sudah berlebihan,” ujar Profesor Ekonomi Universitas Carleton Vivek Deheija, seperti dikutip Travel and Leisure, Kamis (22/2).

Busana yang dikenakan keluarga nomor satu di Kanada tersebut juga menandingi pakaian yang dikenakan bintang-bintang Bollywood pada sebuah pertemuan pada 20 Februari kemarin. Berdasarkan laporan Washington Post, Trudeau terlihat mengenakan sari dengan hiasan manik-manik, sherwani, dan sepatu mojari. Di sisi lain, para selebriti Bollywood mengenakan celana dan mantel sehari-hari.

Di hari lain, ketika berkunjung ke sebuah kuil Hindu, Trudeau dan istrinya terlihat mengenakan pakaian pernikahan India berwarna merah marun.

Pilihan busana yang dikenakan Trudeau dan keluarganya bukanlah satu-satunya hal yang dibicarakan publik selama kunjungannya ke India. Sebelumnya, Justin Trudeau dinilai telah diacuhkan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi. Pasalnya, Modi absen menyambut Trudeau dan keluarganya yang baru saja mendarat di New Delhi pada Sabtu (17/2) kemarin.

Bukan hanya Modi yang tidak muncul pada kedatangan sang perdana menteri Kanada. Menteri-menteri senior India lainnya juga tidak terlihat untuk menyambut kedatangan keluarga tersebut.

Modi baru menemui Trudeau pada hari Jumat, hari kelima Trudeau dan keluarganya berada di India. Keesokan harinya, Sabtu, Trudeau dan keluarganya pulang ke Kanada. Sebelumnya, Trudeau juga telah menerima sorotan negatif dari publik setelah salah mengeja Gandhi di dalam sebuah tweet.

Respons pemerintahan India terhadap kunjungan Trudeau dinilai telah dipengaruhi munculnya tudingan bahwa Partai Liberal Trudeau mendukung gerakan separatis kelompok minoritas Sikh. Komisi Tinggi Kanada mengundang seseorang yang terlibat dalam gerakan tersebut untuk makan malam dengan Trudeau.

Kelompok separatis tersebut pernah membunuh seorang politisi India pada tahun 1980-an. Mereka juga disebut melakukan banyak pelanggaran HAM dalam aksi-aksi oposisinya. Pihak administrasi Trudeau telah menyanggah hal ini. Mereka berkata, Trudeau tidak pernah menunjukkan dukungan apapun terhadap kelompok-kelompok pro-Khalistan tersebut.

You May Also Like..

Rekomendasi Aksesoris untuk Hp 4G Terbaik Anda yang Tepat

Kebutuhan akan komunikasi yang mudah memang sudah menjadi hal yang tidak bisa terbantahkan lagi di dunia modern seperti saat ini. […]

Cara Paling Praktis Hitung Estimasi Biaya Jasa Pindahan Rumah

Jasa pindahan rumah yang terpercaya memanglah selalu bisa diandalkan khususnya untuk Anda yang memang tak ingin ribet. Proses pindahan rumah […]

Trend Rambut Warna Warni Bikin Bisnis Jual Pewarna Rambut Semakin Menggoda

Bergonta-ganti warna rambut saat ini memang sudah menjadi hal yang biasa dilakukan terutama oleh kaum wanita. Banyaknya jenis pewarna rambut […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *